Apa itu Program Ausbildung?

  • Dibaca: 20284 Pengunjung
  • |
  • 21 September 2024
  • |
  • Kontributor: Andi Muhammad Kumail

Denpasar Institute: Ausbildung

Program Denpasar Institute dan Bali-Jerman Netzwerk

Denpasar Insitute dipercaya mengelola hibah Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Luar Negeri (PKK LN) berdasarkan Surat Keputusan No.: 0065/C5/KU/2019 tanggal 18 November 2019 dan Perjanjian Kerja Sama No.: 5984/SPK/C5.3/KU/2019 tanggal 18 November 2019 dari Direktorat Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud untuk melaksanakan program internship dan studi lanjut bidang vokasi di Jerman. Studi lanjut bidang vokasi ini disebut program Ausbildung.

Ausbildung adalah program studi vokasi sambil internship dengan combined dual-system, yakni 2 hari kuliah dan 3 hari internship dengan gaji bulanan. Beberapa Betrieb/Arbeitgeber menerapkan pola blocking system, yaitu seminggu kuliah dan seminggu intership atau sebulan kuliah dan sebulan internship.

Mahasiswa (peserta Ausbildung) wajib mengikuti final exam yang merupakan ujian sertifikasi profesi sesuai pilihan program di akhir tahun ketiga. Lulusan Ausbildung dinyatakan sebagai seorang tenaga profesional berstandar Eropa dan bisa bekerja full time serta memperoleh hak dan standar gaji yang sama seperti orang Jerman.

Selain bekerja, lulusan Ausbildung juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi (Berufsfachhochschule/Universität) dengan memilih program studi sesuai jurusan saat mengikuti program Ausbildung.

Program Ausbildung menjadi program yang sangat diminati milenial Indonesia. Sebab, selain memperoleh kesempatan belajar di Jerman, peserta juga melaksanakan internship dengan gaji rata-rata di atas gaji di Indonesia, yakni sekitar € 850-1100 per bulan untuk bidang hospitality, € 800-1050 per bulan untuk bidang automotive/engineering/mechaniker dan € 950-1400 per bulan untuk bidang nursing. Lulusan program ini akan memberikan banyak peluang bagi generasi muda Indonesia untuk bekerja di seluruh wilayah Eropa dan bahkan di dunia internasional.

Berdasarkan pengalaman dan informasi valid dari peserta ausbildung lulusan program Denpasar Institute yang saat ini berada di Jerman, selisih antara gaji internship program dengan pengeluaran biaya hidup per bulan, termasuk biaya transportasi dan kuota internet, uang yang bisa ditabung sejumlah € 90-120 per bulan.

Syarat mengikuti program ausbildung adalah:

- Sertifikat Kemahiran Bahasa Jerman Minimal Level B1 dari Goethe-Institut

- Ijazah minimal SMA/SMK/Sederajat beserta terjemahan Bahasa Jermannya

- Paspor

- LoI (letter of intention) dalam Bahasa Jerman

- CV beserta Lampirannya

- Sertifikat Training dan Pengalaman Kerja (jika memiliki)

- Usia antara 18 - 35 tahun

Denpasar Institute dan Bali-Jerman Netzwerk yang anggotanya terdiri dari alumni Jerman di Bali dan beberapa Deutscher Reiseleiter auf Bali menyediakan layanan berupa:

  • Intensiv Deutschkursprogramm.
  • Erstellung von Motivationsschreiben und Lebenslauf, Anschreiben in deutscher Sprache
  • Beratungsleistungen für die Erstellung von Ausbildungsbewerbungsprofilen.
  • Beratung zum gesellschaftlichen Leben und zur Arbeitskultur in Deutschland
  • Hilfeleistung bei der Anmeldung zur Ausbildung.
  • Interview Trainingsangebote mit Unternehmen in Deutschland
  • Beratung zur Pass- und Visabearbeitung
  • Flugticket-Management-Unterstützungsdienst von Indonesien nach Deutschland

Bedingungen und Kosten des Deutschkursprogramms:
(Ketentuan dan Biaya Kursus Bahasa Jerman)

  1. 250.000 IDR biaya Pendaftaran
  2. 2.600.000 IDR untuk Kursgebühren auf A1-Niveau (18 Kali Pertemuan @ 2 Jam Pelajaran / 90 menit)
  3. 2.600.000 IDR untuk Kursgebühren auf A2-Niveau (18 Kali Pertemuan @ 2 Jam Pelajaran / 90 menit)
  4. 2.800.000 IDR untuk Kursgebühren auf B1-Niveau (18 Kali Pertemuan @ 2 Jam Pelajaran / 90 menit)
  5. 2.750.000 IDR untuk B1-Prüfungsgebühren am Goethe-Institut (Biaya ini dapat sedikit berbeda sesuai jadwal ujian dan kurs Euro terhadap Rupiah pada saat daftar ujian)
  6. Apabila peserta minta kursus online atau private tutoring, pembiayaan akan diatur sesuai kesepakatan dan jumlah peserta

Tahap Pembayaran Kelas Bahasa Jerman:

  • Biaya Pendaftaran - Rp. 250.000,- (termasuk buku dan baju kaos Denpasar Institute)
  • Biaya Kursus A1 - Rp. 2.600.00 (dapat diangsur 2 kali, yakni di awal kursus dan di pertengahan jadwal)
  • Biaya Kursus A2 - Rp. 2.600.00 (dapat diangsur 2 kali, yakni di awal kursus dan di pertengahan jadwal)
  • Biaya Kursus B1 - Rp. 2.800.00 (dapat diangsur 2 kali, yakni di awal kursus dan di pertengahan jadwal)
  • Biaya Simulasi Ujian B1 - Rp. 450.000,- (ditransfer ke Denpasar Institute)
  • Biaya Ujian B1 (ditransfer ke Goethe Institut yang dituju)

Lamanya kursus bahasa Jerman sekitar 6 - 9 bulan untuk mampu mencapai level B1 yang sangat tergantung dari kedisiplinan peserta dalam belajar.

Catatan:
Pendaftaran kursus intensif Bahasa Jerman dibuka setiap saat dan kelas diselenggarakan apabila sudah memenuhi minimal 3 peserta, kecuali untuk kelas privat dan kelas intensif dapat disesuaikan dengan kesepakatan

Servicegebühren und Bedingungen des Ausbildungsprogramms 
(Biaya dan Ketentuan Program Ausbilsung):  

  • 1.000.000 IDR biaya administrasi bagi calon peserta program Ausbildung yang tidak mengikuti Deutschkursprogramm, Denpasar Institute. Free bagi peserta kursus Bahasa Jerman di Divisi Bahasa, Seni dan Budaya, Denpasar Institute
  • 1.500.000 IDR für Programmregistrierungsgebühren. Biaya ini digunakan untuk layanan jasa:
  1. Beratungsleistungen für die Erstellung von Ausbildungsbewerbungsprofilen
  2. Erstellung von Motivationsschreiben und Lebenslauf, Anschreiben in deutscher Sprache
  3. Beratung zum gesellschaftlichen Leben und zur Arbeitskultur in Deutschland
  4. Interview Trainingsangebote mit Unternehmen in Deutschland
  • 8.900.000 IDR, biaya ini digunakan untuk Betreuungsangebote, Suche und Vermittlung von Ausbildungsangeboten in Betrieben und Berufsschulen in Deutschland. (biaya ini dapat sedikit berubah tergantung dari lokasi penempatan, tahun keberangkatan dan kurs Euro terhadap Rupiah)
  • 850.000 IDR untuk Passdokumentbearbeitungsdienste und Verwaltungsgebühren, einschließlich eines Empfehlungsschreibens des Denpasar Institute (khusus bagi yang belum memiliki paspor. Jika sudah memiliki, tidak perlu membayar layanan ini dan biaya dapat sedikit berubah berdasarkan jenis layanan)
  • 1.260.000 IDR untuk biaya Visa Jerman (biaya dapat sedikit berubah sesuai kurs Euro terhadap Rupiah pada Saat Pengajuan Visa)
  • Institutionelle Förderbeiträge von Ausbildungsteilnehmenden und diese Spenden können einen Monat nach dem Aufenthalt in Deutschland geleistet werden. Spenden erfolgen nur einmalig innerhalb von 3 Jahren nach Durchführung des Ausbildungsprogramms und es ist nicht verpflichtend. (Sumbangan dana pengembangan institusi dari peserta ausbildung. Sumbangan ini dapat disampaikan satu bulan setelah tinggal di Jerman. Sumbangan hanya dilakukan sekali dalam jangka waktu 3-4 tahun pelaksanaan program ausbildung, jumlah atau bentuk sumbangan bersifat sukarela, dan tidak wajib)

Total Perkiraan Biaya Program Ausbildung Rp. 24.960.000,- sudah termasuk biaya kursus bahasa Jerman, biaya simulasi Ujian B1, ujian bahasa Jerman level B1 sebagai syarat utama mengikuti program ausbildung dan biaya Visa. Biaya ini di luar pembelian tiket pesawat dan bekal awal keberangkatan.

Tahap Pembayaran Program Ausbildung:

  • Tahap I - Rp. 1.000.000 biaya administrasi program. Gratis bagi peserta kelas Bahasa Jerman di Denpasar Institute (refund 50 % apabila mengundurkan diri dari program di tahap ini)
  • Tahap II - Rp. 1.500.000 biaya Programmregistrierungsgebühren, dibayarkan saat proses dokumen dan asistensi kelengkapan dokumen (refund 75 % apabila mengundurkan diri dari program di tahap ini)
  • Tahap III - Rp. 4.000.000 dibayarkan ketika sudah menerima LoA dan kontrak Betrieb (refund 25 % apabila mengundurkan diri dari program di tahap ini)
  • Tahap IV - Rp. 4.900.000 dibayarkan ketika proses visa (refund 45 % apabila mengundurkan diri dari program di tahap ini)
  • Biaya paspor, tiket pesawat, visa, dan akomodasi awal di Jerman dapat diurus sendiri atau melalui jasa layanan kami sesuai kisaran biaya di atas
  • Pendaftaran Program Ausbildung dibuka tiap saat dan rencana keberangkatan di antara Februari-April atau September-November tiap tahunnya.
  • Pendaftaran Kelas Jerman untuk program ausbildung, Studienkolleg, kerja di River Cruise Jerman, tenaga perawat di Jerman dan karir Jerman, silahkan daftar secara online di Daftar Program Jerman 

Keterangan:

  1. Biaya Pendaftaran dan Deutschkursprogram tidak dikembalikan apabila peserta kursus berhenti di tengah periode kursus
  2. Biaya kursus bahasa Jerman (Deutschkursprogram) dapat dilunasi sekaligus sesuai periode level Deutschkursprogram 
  3. Pengajar Intensiv Deutschkursprogram adalah alumni Jerman atau Deutscher Reiseleiter yang tinggal di Bali
  4. Kelas Bahasa Jerman diadakan pada pukul 08.00 wita atau pukul 17.00 dan 2-3 kali seminggu. Sebelum kelas Jerman dimulai, jadwal akan diatur sesuai kesepakatan antara Denpasar Institute dan peserta Intensiv Deutschkursprogram
  5. Kelas Bahasa Jerman dilaksanakan dengan minimal jumlah peserta 3 orang atau dapat diatur kembali sesuai kesepakatan dengan pembiayaan pola les privat
  6. Semua dokumen ajuan program ausbildung disiapkan oleh kandidat dan diverifikasi oleh Denpasar Institute
  7. Biaya untuk pengurusan paspor, visa, dan tiket pesawat bersifat opsional dan dapat diurus sendiri oleh calon peserta program Jerman
  8. Denpasar Institute menyediakan dana talangan sesuai kemampuan untuk biaya program dan keberangkatan ke Jerman. Dana talangan ini akan disepakati dan dituangkan ke dalam surat pernyataan yang diketahui, disepakati, ditandatangani dan dipertanggungjawabkan oleh kedua orang tua/wali peserta program Jerman (Ausbildung, Studienkolleg, German River Cruise & Tenaga Perawat Jerman). Dana talangan hanya disediakan bagi peserta program Jerman yang kurang mampu dengan mengajukan surat permohonan ke Denpasar Institute. Surat permohonan dilengkapi lampiran pernyataan tidak mampu yang diketahui oleh kepala desa/lurah dan camat setempat lengkap dengan stempel resmi dari desa/kelurahan dan kecamatan. Kami hanya menyediakan dana talangan untuk 1) biaya visa; 2) biaya tiket; dan 3) biaya keberangkatan di awal. Kami tidak menyediakan dana talangan untuk kursus bahasa Jerman, Ujian Bahasa Jerman dan/atau biaya urus paspor.
  9. Seluruh Programm- und Servicegebühren di atas disepakati bersama pada saat pengajuan dan persyaratan yang sudah terverifikasi oleh Denpasar Institute.

Biaya pendaftaran, biaya kursus dan biaya program Ausbildung ditransfer ke BNI No. Rek. 2706783687 atas nama Denpasar Institute. Bukti transfer beserta keterangan transfer dapat dikirimkan via WA di 087 865 309966

Untuk mengetahui dan memahami pengalaman nyata dari salah satu peserta Ausbildung dari Denpasar Institute yang saat ini berada di Thuringen, Jerman silahkan Klik Video ini dan informasi program Ausbildung dari perspektif Jerman, silahkan tonton diese Erklärung dan buka flyer di link ini

Untuk mengetahui dan memahami peserta Intensiv Deutschkursprogram dari Denpasar Institute yang juga telah lolos program kuliah dual degree bidang teknik perkapalan di Wismar Hochschule, Jerman silahkan Baca Berita Ini 

Profil pengajar bahasa Jerman di Denpasar Institute dapat disimak di Pengajar Bahasa Jerman dan pengajar lainnya dapat explore di www.konsultan.denpasarinstitute.com

Selain melayani kelas Jerman khusus program ausbildung, Denpasar Institute juga menyediakan program bahasa Jerman bagi calon mahasiswa yang berencana studi lanjut dan mengikuti Studienkolleg di Jerman atau kandidat pekerja di German River Cruise.

Informasi tentang Studienkolleg (persiapan sekolah atau kuliah) di Jerman, tonton VIDEO INI (courtesy @natanayana) dan cara daftar Studienkolleg dan Tips untuk Aufnahmenpruefung, simak Info dari Kezia 

Pengalaman dan situasi kerja di River Cruise Vessels: Working and Iiving Onboard, klik Video Ini (courtesy video sea chefs - Jobs auf Kreuzfahrtschiffen) dan tips Cruise Ship Interview untuk persiapan bekerja di kapal pesiar ataupun di River Cruise, tonton Video Ini (courtesy video @how2become)

Informasi lebih lanjut hubungi Divisi Bahasa, Seni dan Budaya Denpasar Institute.

  • Dibaca: 20284 Pengunjung
  • |
  • 21 September 2024