Jurnal Sains Data dan Kecerdasan Artifisial

  • Dibaca: 366 Pengunjung

Jurnal ini menggambarkan perpaduan yang semakin erat antara sains data dan kecerdasan artifisial (AI) serta dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Sains data dan AI telah muncul sebagai kekuatan pendorong utama dalam transformasi digital yang sedang berlangsung di berbagai industri dan disiplin ilmu. Artikel ini membahas peran fundamental keduanya dalam menerjemahkan data mentah menjadi wawasan berharga, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik, dan meramalkan tren masa depan.

Sains data adalah ilmu yang berkaitan dengan eksplorasi, analisis, dan interpretasi data untuk mengungkap pola, tren, dan informasi berharga. Di sisi lain, kecerdasan artifisial mencakup pengembangan algoritma dan model komputasi yang dapat meniru kemampuan kognitif manusia, seperti belajar, merencanakan, dan mengambil keputusan. Konvergensi antara sains data dan kecerdasan artifisial telah menghasilkan inovasi yang mengubah paradigma di berbagai industri, seperti kesehatan, keuangan, manufaktur, dan transportasi.

Informasi selengkapnya mengenai jurnal dan penyerahan naskah dapat diakses pada Halaman Jurnal Sains Data dan Kecerdasan Artifisial.