• Dr. I Nengah Laba

    Dr. Laba menempuh pendidikan bahasa Jerman di Sprachakademie Hanover, Jerman tahun 2004 dan di Jade University of Applied Sciences, Jerman bidang metodologi penelitian tahun 2015. Dosen muda ini beberapa kali menerima Hibah Penelitian Kompetitif Nasional, Hibah Penulisan Buku Ajar dan Hibah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi dari Kemenristekdikti. Laba dipercaya sebagai Koordinator Bidang Pengembangan SDM di HILDIKTIPARI dan Pengurus Bidang SDM di DPD PHRI Provinsi Bali. Saat ini Laba bekerja sebagai dosen tetap mata kuliah Bahasa Inggris, Metodologi Penelitian dan Statistik di Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional. Dengan menyandang jabatan akademik Associate Professor dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Laba dipercaya sebagai reviewer penelitian dan Tim Penilai Jabatan Akademik di lingkungan L2DIKTI Wil. VIII. Berbekal pengalaman kerja sebagai seorang Hotelier dan Tour Guide, Laba sering diundang sebagai fasilitator dalam pengembangan SDM baik di industri pariwisata maupun di lembaga pendidikan. Dr. Laba juga bekerja sebagai freelance consultant bidang Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan seperti LPK, LKP, Usulan Pendirian Perguruan Tinggi Swasta, dan Penjaminan Mutu Lembaga. 

  • Ari Natarina, S.Pd, M.Hum, M.A, Ph.D.

    Ari Natarina, M.A., Ph.D. adalah seorang Ahli Bahasa, Peneliti, dan Pengajar Bahasa Asing. Ari memiliki pengalaman kerja sebagai dosen bahasa dan peneliti internasional. Ari menerima beasiswa Fulbright dalam program pertukaran guru Bahasa dan mengajar Bahasa Indonesia di University of Iowa. Ari menyelesaikan program doktor (Ph.D) di University of Iowa. Ari percaya bahwa Pendidikan dan sumber daya manusia unggul adalah kunci kemajuan negara ini, karena itu Ari berkecimpung kembali dalam dunia Pendidikan.

  • Dr. Ida Bagus Nyoman Mantra, SH., S,Pd., M.Pd.

    Dr. Ida Bagus Nyoman Mantra, SH., S.Pd., M.Pd. adalah seorang peneliti dan linguis yang telah terlibat dalam bidang pendidikan selama lebih dari dua puluh tahun. Dr. Mantra meraih gelar doktor dari Universitas Udayana dan sering diundang jadi dosen tamu di Australia dan Selandia Baru. Beberapa karya ilmiah Dr. Mantra dimuat di berbagai jurnal nasional dan internasional.

  • Dr. I Gede Astawa, S.Pd., M.Hum.

    Dr. I Gede Astawa, S.Pd., M.Hum. adalah seorang peneliti dan linguis yang telah mengabdikan dirinya pada bidang pendidikan lebih dari dua puluh tahun. I Gede Astawa juga pernah mendapat undangan dari sebuah lembaga pendidikan di Australia Barat untuk mengajar Budaya dan Seni Tradisi Bali. Gede Astawa meraih gelar Doktor (Dr.) linguistik dari Universitas Udayana. Saat ini, I Gede Astawa juga tercatat sebagai salah satu tim Editorial Board pada salah satu jurnal internasional.

  • Dr. Ni Made Juwita Rustiani, M.Psi.

    Dr. Ni Made Juwita Rustiani, M.Psi. adalah lulusan S2 tercepat di Fakultas Psikologi UNPAD. Juwita merupakan seorang ahli di bidang penelitian dan survei sosial, pemeriksaan psikologi klasikal dan individual, konseling individu dan kelompok, grafologi dan bidang psikologi lainnya. Semua keahlian psikologi tersebut diperoleh dari pendidikan formal, pendidikan non formal dan dari pengalaman tugas sebagai prajurit di Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat. Juwita saat ini aktif dalam kegiatan Ekspedisi NKRI yang dimotori oleh Kopassus TNI AD sebagai Tim Ahli Bidang Sosial Budaya dan sebagai Associate Assessor di Konsultan Psikologi PT. NS Pro Bandung. Selain aktif menjadi trainer bidang pengembangan SDM di berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah, Juwita juga pernah menjadi konsultan dan tenaga ahli lapangan dalam penyusunan Strategi Pengembangan SDM Pariwisata di Tiga Daerah Super Prioritas: Danau Toba, Mandalika dan Borobudur. 

  • Prof. Dr. Ir. I Ketut Widnyana, M.Si.

    Prof. Widnyana adalah dosen aktif di Universitas Mahasaraswati Denpasar dan praktisi di dalam ilmu pertanian. Beberapa posisi di Unmas Denpasar yang pernah diemban, diantaranya Kaprodi Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian, Pusat Kajian Pemberdayaan Masyarakat, Sekretaris LPPM, Kaprodi Program Pascasarjana P2WL, dan Ketua LPPM Unmas Denpasar. Pada tahun 2012-2013 Widnyana dikontrak menjadi Konsultan di PT. Pertamina (Persero) Tbk Pusat di Jakarta. Saat ini Widnyana aktif sebagai reviewer Program Kreatifitas Mahasiswa, Reviewer Penelitian dan Reviewer Program Pengabdian Masyarakat di Kemenristekbrin serta Ketua Tim Penilai Jabatan Akademik AA dan Lektor di LLDIKTI Wil VIII.

  • I Wayan Pasek Sugiantara, ST., MS.

    I Wayan Sugiantara adalah seorang dosen dan praktisi teknologi informasi yang sudah berkecimpung secara profesional di bidang teknologi informasi selama lebih dari dua puluh tahun. Berbagai profesi pernah dijalani mulai dari Programmer dan Software Engineer, Technical Consultant, Project Manager, dan Researcher di berbagai perusahaan seperti Mitrais, General Electric, University of Pittsburgh, Ciber, dan Confluence Technologies. Selama kuliah Wayan sudah bekerja sebagai Graduate Research Assistant dan aktif melakukan penelitian di Laboratorium Health Information Management, University of Pittsburgh. Saat ini Wayan bekerja sebagai konsultan teknologi informasi di beberapa perusahaan software di Amerika.

  • Gde Palguna Reganata, S.Si, M.Si.

    Gde Palguna Reganata menyelesaikan program S1 Program Studi Matematika, FMIPA UNUD dan S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Sempat berkarir sebagai konsultan analisis data dan saat ini mengajar di IIK Bali dan dosen tamu di berbagai perguruan tinggi yang ada di Denpasar. Penulis aktif melakukan riset dan pengajaran di bidang ilmu Statistika dan Metodologi Penelitian. Selain mengajar, penulis berpengalaman bekerja sebagai data analyst pada beberapa perusahaan nasional. Saat ini beliau dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Analis Data Indonesia

  • Ns. Ni Wayan Suniyadewi, S.Kep. M.Kes.

    Suniyadewi menyelesaikan program Diploma keperawatan di Akper Karya Husada Yogyakarta tahun 2006, S1 Keperawatan dan Ners di UNUD tahun 2010, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat di UNUD tahun 2015 dan sedang menempuh studi Doktoral keperawatan di Univ Airlangga. Aktif mengajar keperawatan dan merupakan dosen tetap STIKes Wira Medika Bali. Beberapa kali pernah menerima Hibah Penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristekdikti.

  • Dwi Arymbhi Sanjaya, S.Farm., M.Farm-Klin., Apt.

    Dwi Arymbhi Sanjaya menyelesaikan program S1 Farmasi di Universitas Surabaya pada tahun 2009 dan program double degree  Profesi  Apoteker dan S2 Farmasi Klinis di Universitas Surabaya. Berkarir sebagai dosen farmasi di Perguruan Tinggi Swasta di Bali dan mengembangkan kelompok belajar di luar kampus untuk memotivasi mahasiswa berkarya dan inovatif dalam berbagai riset dunia kesehatan. Berbagai program belajar mulai dari Identifikasi Ide Penelitian, Metode Penelitian dan Statistik, Cara Menulis Karya Ilmiah, dan Teknik Presentasi  diberikan dalam kelompok belajar. Sejak mahasiswa dan hingga saat ini aktif mengikuti Nasional dan Internasional Conference sebagai presenter dengan berbagai riset di bidang farmasi. 

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, S.Pd., M.Pd.

    Trisna Jayantika menyelesaikan program S1 di program studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, dan S2 di program studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha. Aktif dalam riset penelitian khususnya pada bidang pendidikan. Saat ini berstatus dosen tetap di IKIP PGRI Bali. Selain mengajar, penulis juga aktif dalam menulis buku serta melaksanakan riset pengembangan dalam bidang pendidikan.

  • Ns. Ni Made Nopita Wati, S.Kep, M.Kep.

    Nopita Wati adalah seorang dosen dan perawat dengan latar belakang pendidikan S1 Keperawatan, Profesi Ners dan Magister Keperawatan dengan predikat cumlaude. Penulis aktif melakukan riset dan pengajaran di bidang ilmu keperawatan. Penulis juga sudah memliki HKI (Hak Kekayaan Intelektual) atas karyanya.

  • Ns. I Nyoman Asdiwinata, S.Kep., M.Kep.

    Ns. I Nyoman Asdiwinata, S.Kep., M.Kep adalah seorang dosen dan peneliti bidang keperawatan yang berfokus pada bencana dan gawat darurat. Asdiwinata menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Padjadjaran. Asdiwinata beberapa kali telah menerima beasiswa penelitian dan hibah Penelitian Dasar. Saat ini Asdiwinata bertugas di STIKes Wira Medika Bali sebagai dosen tetap untuk mata kuliah keperawatan kritis dan bencana.

  • Ir. I Made Wijaya Kusuma, M.AP.

    Made Wijaya mendedikasikan dirinya dalam bidang manajemen sudah lebih dari 30 tahun. Pengalaman profesionalnya dimulai tahun 1987 sebagai General Contractor di PT. Kresna Karya. Dari pengalaman profesional ini, Made Wijaya terus mengembangkan karir di dunia hospitality dengan berbagai jabatan. Dua diantaraya adalah Chief Enginer & Project Manager di AlamKulkul Boutique Resort Kuta Bali dan General Manager di Mayaloka Villa Seminyak Bali. Sebagai seorang praktisi andal bidang Hotel and Villa Management, Konsultan Pengembangn Desa Wisata, dan Human Resources Management, Made Wijaya tidak melupakan dunia akademik dan saat ini sedang menempuh program Doktor (S3) di Universitas Hindu Indonesia.

  • Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA.

    Dr. Rai Utama merupakan sosok dosen yang sangat aktif. Rai utama memenangkan berbagai hibah penelitian dan hibah pengabdian kepada masyarakat. Karena keaktifannya, berbagai jabatan di Perguruan Tinggi pernah diembannya, termasuk Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan saat ini menjabat Rektor Universitas Dhyana Pura. Lulusan Magister (S2) dari Christelijke Hogeschool Norrd Nederland dan Doktor (S3) Program Studi Pariwisata Universitas Udayana ini sangat aktif di berbagai organisasi profesi. Diantaranya anggota Kelompok Kerja BAWASLU Provinsi Bali Tahun 2014-2015 dan Koordinator Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat HILDIKTIPARI Wilayah Bali Periode 2015-2019. Rai Utama juga aktif menghasilkan karya berupa buku ajar dan buku referensi yang sudah tercatat sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

     

  • Gede Aryana Mahayasa, ST., MM.

    Aryana menyelesaikan studi S2 pada program studi Magister Manajemen UNUD dengan konsentrasi SDM dan berpengalaman kerja di berbagai perusahaan manufakturing di Jawa Timur, Jawa Barat dan Jakarta lebih dari 14 tahun. Aryana menyelesaikan pendidikan bahasa Jerman di IIK Universitas George August, Göttingen, Jerman. Saat ini Aryana tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata UNHI dan sebagai Head Program Landi Institute, Lembaga Pelatihan & Konsultansi Manajemen. Aryana sering memberikan pelatihan dan mentoring di berbagai institusi pemerintah, khususnya di wilayah Indonesia Timur, Negara Timor Leste dan Papua Nuigini.                                                         

  • Dr. David S. Latupeirissa, S.Pd., M.Hum.

    Dr. David adalah seorang ahli bahasa yang tertarik pada kajian wacana kritis. Hasil penelitiannya banyak mengkritisi ketimpangan sosial dan politik dan telah terpublikasi di berbagai jurnal ilmiah. Dr. David aktif sebagai pengajar EFL dan penerjemah tersumpah yang bergabung dalam Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Dr. David sering diundang sebagai narasumber dalam berbagai seminar dan lokakarya ilmiah. Doktor muda ini merupakan salah satu tutor Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dan aktif memberikan pendampingan pengelolaan ataupun publikasi jurnal nasional dan internasional. Dr. David juga tercatat sebagai anggota editorial board dan reviewer di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

  • Made Yudyantara Risadi, S. Pd., M. Pd.

    Yudyantara menyandang gelar magister (M.Pd.) dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja dalam bidang pendidikan bahasa Inggris. Selain aktif mengajar, Yudyantara juga seorang young entrepreneur bergerak di bidang konveksi. Yudyantara merupakan sosok ideal sebagai seorang akademisi dan pengusaha. Sebab, beliau masih menyempatkan waktunya untuk menulis artikel ilmiah yang dimuat di jurnal internasional. Saat ini, Yudyantara tercatat sebagai pengajar bahasa Inggris profesi dan tutor homeschooling.

  • I Ketut Mudita

    Mudita adalah sosok yang sangat konsisten dalam menuntaskan pekerjaan dan tugasnya. Mudita meniti karir di dunia pariwisata sudah lebih dari 11 tahun dan sempat bekerja sebagai restaurant supervisor di Tropical Restaurant. Mudita kemudian melanjutkan karirnya di kapal pesiar ternama milik perusahaan Jerman, TUI CRUISES sebagai assistant waiter dan aktif mengikuti program pengembangan diri selama berkarir di kapal pesiar. Saat ini Mudita menjadi seorang entrepreneur dan menjabat sebagai Direktur Operasional Indo Bali Tour

  • Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M. Hum.

    Dr. Ratna menyelesaikan program doktor ilmu Linguistik di Universitas Udayana. Dr. Ratna adalah dosen tetap pada Program Studi Sastra Jawa Kuna dan mengajar pada Program Studi Magister dan Doktor Linguistik. Beliau bertugas sebagai dosen di Universitas Udayana sejak tahun 1993. Mata Kuliah yang diampu adalah mata kuliah kelingustikan, seperti: fonologi, morfologi, sintaksis, lingustik Lanscap, dan linguistik bandingan. Di samping mata kuliah tersebut, Dr. Ratna juga mengampu mata kuliah metodologi penelitian bahasa. Dr. Ratna aktif melakukan penelitian dan artikel ilmiahnya banyak dimuat pada jurnal nasional dan internasional. Semboyan hidup Dr. Ratna adalah “sabar, rendah hati, dan tekun adalah kunci keberhasilan.

  • I Ketut Suardana, S.S, M.Hum.

    I Ketut Suardana, S.S. M.Hum. adalah dosen bahasa Inggris, praktisi dan peneliti bahasa. Suardana menyelesaikan program studi D III Pariwisata di Politeknik Negeri Bali, S1 Sastra Inggris dan S2 linguistik kajian terjemahan di Universitas Udayana. Saat ini Suardana sedang menempuh pendidikan Doktor (S3) dengan Konsentrasi Linguistik Fungsional Sistemik di Universitas Udayana. Selain ahli bidang teks dan terjemahan, I Ketut Suardana, S.S. M.Hum. juga menggeluti bahasa kepariwisataan, kesehatan dan manajemen.  

  • Komang Astiari, S.S.,M.Hum.

    Bernama lengkap Komang Astiari adalah pengajar Bahasa Inggris, penerjemah,pecinta seni lukis dan suka menulis. Pengalamannya sebagai guru Bahasa Inggris dimulai tahun 2005 ketika masih menempuh pendidikan S1 Sastra Inggris. Pernah menjadi mahasiswa berprestasi tingkat KOPERTIS wilayah VIII dan aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Melanjutkan study jurusan linguistik dan mendapat  gelar master di tahun 2019. Mengenai kegemarannya melukis, disalurkan lewat mengajar melukis untuk anak-anak di beberapa tempat. Beberapa karya lukisnya pernah dijadikan kenang-kenangan dalam diplomasi pariwisata budaya ke Perancis dan Rusia di tahun 2018.

     

  • Dr. I Nyoman Rasmen Adi, MS.

    Dr. I Nyoman Rasmen Adi lahir tahun 1958 di Kabupaten Klungkung, Bali. Dia menyelesaikan program studi Doktor (S3) ilmu Ekonomi di Universitas Udayana (2017) , Pascasarjana (S2) studi pembangunan di IPB Bogor kpk UKSW Salatiga (1992) dan memperoleh gelar sarjana (S1) di FPTK IKIP Malang (1983). Bekerja sebagai dosen PNS dpk pada Universitas Pendidikan Nasional (UNDIKNAS) Denpasar sejak tahun 1985 sampai sekarang. Dia mengampu mata kuliah pengantar aplikasi komputer, metodologi penelitian bisnis dan Statistics for Research. Dr. Rasmen aktif memberikan pelatihan bidang statistik dan metodologi penelitian di berbagai lembaga pendidikan tinggi. Dosen berprestasi ini juga aktif menulis buku bidang statistik. 

  • I Nengah Subadra, S.S., M.Par., PhD

    I Nengah Subadra, S.S., M.Par., PhD lahir di Kampung Bali Sadhar Utara, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung pada tanggal 30 Juli 1977. Anak dari pasangan suami-istri Jro Mangku Wayan Natia dan Ni Wayan Weniati ini meraih gelar Sarjana Sastra (S.S.) pada Program Studi Sastra Inggris, Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali pada tahun 2003, kemudian melanjutkan studi pada Program Studi Magister Kajian Pariwisata, Univeristas Udayana, Denpasar-Bali dan meraih gelar Magister Pariwisata (M.Par.) pada tahun 2006. Pendidikan terakhir ditempuh pada Fakultas Ilmu Sosial, University of Lincoln, Lincolnshire-United Kingdom dan berhasil meraih gelar PhD (Doctor of Philosophy) bidang Pariwisata pada tahun 2015. Subadra adalah dosen tetap pada Program Studi Kepariwisataan, Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya, Badung-Bali dan sekarang ini sedang menjabat sebagai Ketua Program Studi Sarjana Terapan Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya. Selain itu, suami dari Ni Putu Indah Indrayanti dan ayah dari Ni Putu Widya Mahadhita dan I Made Indra Mahawicaksana ini juga merupakan dosen tidak tetap pada Program Studi Magister Kajian Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana  (2016-2018) dan juga pada Program Studi Magister Manajemen di Universitas Triatma Mulya, Badung-Bali (2016- sekarang).   

  • Ni Luh Putu Inca Buntari Agustini, S. Kep., Ns., MNS

    Ni Luh Putu Inca Buntari Agustini, S. Kep., Ns., MNS adalah dosen tetap di Institut Teknologi dan Kesehatan Bali, dan peneliti yang berfokus pada bidang perawatan paliatif, bidang keperawatan gawat darurat dan beberapa kali telah menerima beasiswa penelitian dan hibah Penelitian Dasar dari DIKTI dan AINEC. Menyelesaikan pendidikan magisternya di Kasetsart University, Thailand, dan saat ini tercatat sebagai mahasiswa aktif pada Program Studi Doktor Keperawatan di Universitas Airlangga. Putu Inca sering diundang sebagai narasumber di kegiatan seminar dan konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional. 

  • Dr. I Wayan Edi Arsawan, SE,.MM.,CPHRM

    I Wayan Edi Arsawan dalah dosen aktif pada program studi Manajemen Bisnis Internasional, Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Bali, Kampus Bukit Jimbaran sejak tahun 2006 dengan jabatan akademik Associate Professor. Edi juga sebagai visiting lecturer dan scientist pada berbagai kampus di dalam dan luar negeri. Edi menyelesaikan pendidikan formal Magister Manajemen  dan Program Doktor Ilmu Manajemen konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Udayana dan mengikuti shortcourse dan sertifikasi bidang HRM dari HRDQ USA dan UK. Selain sebagai dosen juga sebagai peneliti dengan mendapatkan hibah bersaing, penelitian strategis nasional serta penelitian terapan dari DRPM Dikti, dan hibah penelitian dari Eropa bersama konsorsium Profesor. Selain itu, sebagai trainer bidang human resources, organizational behavior dan manajemen stratejik untuk perusahaan dalam dan luar negeri, instansi pemerintah maupun swasta. Edi juga merupakan penulis buku SDM dan SDM Internasional serta menjadi reviewer dan editorial board pada jurnal nasional dan internasional.

     

     

  • Dr. Cand. Kadek Dwi Cahaya Putra, S. Pd., M. Sc.

    Dr. Cand. Kadek Dwi Cahaya Putra, S. Pd., M. Sc. adalah dosen komunikasi di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali. Beliau sekarang ini sedang dalam tahap akhir untuk menyelesaikan S3 di Technische Universitat Ilmenau, Jerman, dengan riset tentang komunikasi CSR di industri pariwisata Bali. Setelah menyelesaikan master di bidang Corporate Communications di West London University, UK, di tahun 2006, beliau terus aktif menekuni topik komunikasi perusahaan, Public Relations, dan strategic CSR. Kegiatan lain beliau adalah menjadi interpreter/penterjemah lisan.

  • Dr. Ni Kadek Suryani, SE, SIKom, MM,

    Dr. Ni Kadek Suryani, SE, SIKom, MM, wanita Bali berasal dari Karangasem lahir di Denpasar yang memulai karir sebagai praktisi dan 20 tahun waktu dihabiskan untuk berkarir dan mengelola perusahaan asing di Bali. Pernah mengikuti training, internship, belajar HR dibeberapa perusahaan di Australia dan Belanda. Kecintaannya pada bidang pengelolaan SDM membawanya menambah ilmu dibidang Akademik, S2 dan S3 fokus bidang Manajemen Sumber Daya Manusia diselesaikannya dalam waktu singkat. Pernah sebagai visiting lecturer dan research paper presenter pada Seminar Internasional di beberapa negara Asia. Sejak 2018 aktif sebagai dosen tetap program Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar. Beberapa kali diundang sebagai narasumber dengan peserta Nasional dan Internasional. Telah melahirkan beberapa hasil penelitian dan beberapa buku MSDM.  Bidang praktisi tidak ditinggalkannya dan hingga saat ini aktif sebagai konsultan manajemen beberapa perusahaan Asing di Bali dan Papua.

  • Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si

    Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si akrab dipanggil Pak Gus Purwa sedang menempuh Menempuh Studi Program Doktor (S3), Kajian Agama dan Kebudayaan – Universitas Hindu Indonesia Denpasar. Pak Gus Purwa dikenal luas oleh akademisi dan praktisi bidang pariwisata di Bali dan di tingkat nasional. Pemegang Sertifikat Auditor Kawasan Pariwisata dan Sertifikat Lead Auditor Security Management  System Hotel ini sering diundang sebagai narasumber dalam bidang pengembangan SDM baik di instansi pemerintah maupun di lembaga swasta. Beliau saat ini juga aktif mengajar di berbagai lembaga pendidikan tinggi. Sejak tahun 2010 sampai sekarang, Pak Gus Purwa dipercaya mengemban tugas sebagai Direktur Eksekutif BPD PHRI (Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia) Badan Pimpinan Daerah Bali.